Tips Memilih Mainan untuk Anak-anak

Ride-on atau permainan yang bisa di kendarai seorang anak kecil kini cepat menjadi salah satu mainan yang paling populer. Mainan ini didesain untuk merangsang imajinasi dan menginspirasi kreativitas sang anak juga motorik anak, Mainan yang berjenis mengendarai bisa memiliki bentuk yang sederhana seperti binatang goyang kayu atau yang sehebat kendaraan bermotor listrik. Selain itu mainan ini juga meliputi Sepeda dayung, sepeda roda tiga, dan skuter,


 
Bermain sangat penting untuk perkembangan anak hal ini di karenakan dapat memungkinkan sang anak mendapat kesempatan untuk belajar sambil bermain secara aktif dengan cara mereka sendiri. mainan ride-on adalah instrumen sempurna untuk membiarkan imajinasi anak berkembang bebas.
Walaupun demikian kita sebagai orang tua harus juga mempertimbangkan berbaga macam faktor sebelum memilih mainan ride-on yang tepat untuk anak kita. Berikut adalah beberapa fitur yang terdapat pada mainan jenis ini yang harus kita pertimbangkan saat membelinya.
 
Keamanan
Keselamatan harus selalu menjadi prioritas utama kita saat memilih mainan untuk anak kita. Walaupun tidak ada mainan yang bisa dikatakan benar-benar aman, kita bisa memilih salah satu yang dikemas dengan fitur keselamatan yang dapat meminimalkan bahaya bagi anak kita. Mainan Ride-on sangat sensitif terhadap masalah ini karena identik dengan bahaya jatuh, atau tabrakan yang merupakan salah satu risiko untuk jenis mainan ini.
 Mainan jenis ride -on bertenaga harus lambat bisa menjadi pilihan kita dikarenakan sang anak akan mudah untuk berhenti dan mudah untuk kita awasi. Selain itu bila memili mainan Sepeda dan becak setidaknya harus memiliki rem yang fungsional. Untuk aliran listrik, kompartemen baterai pilihlah yang tidak dapat diakses oleh semua orang kecuali kita sendiri. Selain itu juga harus ada fitur keselamatan lainnya seperti sabuk pengaman dan pengaturan.
Tidak peduli berapa banyak dan fitur keselamatan apa yang dimiliki mainan, selalu pastikan anak-anak kita memakai alat pelindung seperti helm yang berstandart.

Pilih manual atau electric ?
Mainan penggerak yang lebih sederhana adalah stasioner atau didukung oleh gerak anak kita dengan mengayuh dan mendorong. Selain itu ada juga mainan bertenaga baterai yang lebih canggih yang bisa bermanuver dengan setir. Pertimbangkanlah usia anak kita sebelum memilih antara jenis mainan apa yang kita inginkan untuk mereka. Jangan pernah meninggalkan anak-anak kita tanpa pengawasan saat bermain dengan mainan berjenis listrik.
Daya tahan
Anak-anak adalah sosok yang aktif, dan mereka selalu mencari hal baru bagi mereka. Mainan Ride-on tentunya memiliki harga yang mahal. Memilih apa yang keren dan populer pada saat sekarang mungkin bukan keputusan terbaik untuk menjadikannya pilihan. Pilih mainan yang memiliki daya tahan kuat. Kenali minat pribadi anak kita dan gunakan untuk mendapatkan yang menurut kita merupakan keinginan mereka. Pada umumnya bila anak menyukai suatu mainan mereka, maka mereka cenderung tidak mudah jatuh sakit karenanya atau membuangnya.
Keseimbangan
Tidak ada yang ingin melihat anak mereka menangis atau terluka pada saat bermain. Pilihlah mainan yang memiliki keseimbangan baik untuk memberikan nilai aman yang lebih pada saat anak bermain. memilih mainan ride on yang memiliki stabilitas yang cukup baik dapat memastikan kekamanan anak kita. Sama seperti menguji mobil, mintalah anak kita untuk menguji mainannya sehingga kita bisa melihat secara langsung kinerjanya sebelum membelinya.
Kesesuaian Usia
Beberapa mainan bisa tidak sesuai untuk usia anak kita. Memilih mainan yang sempurna untuk anak kita tidak hanya bergantung pada usia anak kita, tapi juga keadaan dan perkembangan keterampilan motorik mereka seperti keseimbangan dan koordinasi sang anak. Pada umumnya mainan yang dilakukan dengan mendorong sendiri harus dimainkan untuk anak-anak berusia 1-2 tahun. Sedangkan mainan kendaraan bertenaga baterai, skuter dan sepeda harus dipesan untuk anak-anak 3 dan lebih tinggi.
Ukuran
Pilih mainan yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil untuk anak kita. Kaki sang anak hendaknya harus bisa sampai menyentuh lantai dan pedal dengan mudah. dengan demikian sang anak dapat dengan mudah dalam memainkan mainannya.
Kecocokkan Mainan dengan Anak
Hal ini harus diperhatikan, sebagai contoh jika kita membeli Mercedes Benz yang merupakan jenis mobil mahal, anak kita tidak akan menyukainya jika mereka tidak menyukai mobil. Sebaliknya, jangan memilih kuda goyang jika anak kita sangat ketakutan akan kuda. Cocokkan mainan dengan minat dan kebutuhan anak kita. Misalnya jika anak kita menyukai putri dan dongeng, maka kita mencari mainan ride - on yang terlihat seperti kereta kuda (atau labu).
Dengan memperhatikan beberapa hal diatas sebelum membelikan mainan yang cocok dengan sang anak, dapat meminilisir kecelakaan yang terjadi dan tentunya kesenangan sang anak terhadap mainan yang kita berikan. Tidak hanya pada jenis mainan ride-on atau kendaraan namun hal-hal seperti ini bisa juga diterapkan dalam pemilihan mainan lainnya untuk sang anak dengan demikian kita sebagai orang tua akan merasa senang karena mainan kita di sukai dan sang anak juga akan merasa bahagia dengan mainan yang kita berikan.
Sumber referensi by Nathan Crowley
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Mainan untuk Anak-anak"

Posting Komentar